Wednesday, April 21, 2010

Metode Mekanika Kuantum (Quantum Mechanic, QM) dan Mekanika Molekuler (Moleculer Mechanics, MM)


Metode dinamika molekuler merupakan metode simulasi yang sangat berguna dalam mempelajari sistem molekuler seperti molekul organik dalam larutan dan senyawa makromolekul dalam proses metabolisme. Metode ini memungkinkan penggambaran struktur, sifat termodinamika dan sifat dinamis dari sistem pada fasa terkondensasi. Bagian pokok dari metodologi simulasi adalah tersedianya fungsi energi potensial yang akurat untuk memodelkan sifat dari sistem yang dikaji.

Fungsi energi potensial dapat disusun melalui metode mekanika kuantum (Quantum Mechanics, QM) atau mekanika molekuler (Moleculer Mechanics, MM). Permasalahan yang muncul adalah QM hanya dapat digunakan untuk sistem sederhana dengan beberapa puluh satuan massa mengingat bahwa perhitungan QM memerlukan waktu yang lama sedangkan metode MM tidak cukup teliti, untuk mengatasi permasalahan ini, dikembangkan suatu metode hibridisasi yang dikenal dengan nama QM/MM yaitu bagian yang penting dari sistem yang dikaji dihitung dengan metode QM, sedangkan bagian sistem yang tidak harus dijelaskan secara detail dihitung dengan metode MM. Metode QM/MM banyak digunakan dalam simulasi reaksi katalitik enzimatik, proses kimia dalam larutan dan docking suatu protein dalam reseptor (Harno D Pronowo, 2001).

2 comments:

waylanmarx on January 5, 2022 at 12:47 AM said...

With this emergency cash loans for unemployed, you can extend repayment up to three months, giving you the flexibility you need to handle the debt. Financial conditions vary from one person to another, so getting a favorable no credit check payday loans repayment period would be ideal when borrowing.

Elanie said...

Quantum mechanics is a fundamental method revolutionizing our understanding of the subatomic world. Having Bad Games Its mathematical framework describes particle and interactions.

Post a Comment

 

Religious Myspace Comments
MyNiceProfile.com

flash counter
Top 10 Award

FAIJAL CHEMISTRY Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template